Ada banyak cara mengatasi keputihan yang bisa kita temukan dari banyak sumber. Hanya saja kita jangan sampai salah memilih metode pengobatan atau penanganan masalah keputihan tersebut. Karena bisa-bisa kalau salah malah akan memberikan dampak buruk dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Nah, jika anda memang ingin mengatasi masalah keputihan dengan baik, anda harus melihat bagaimana dan apa saja gejala yang kemudian bisa ditempuh sehingga bisa memberikan dampak yang buruk nantinya. Jika anda ingin menangani itu semua, maka ada beberapa cara yang aman dan lebih alami untuk dipilih serta dijadikan sebagai alternative penanganan yang terbaik.

cara mengatasi keputihan tidak normal

Sekilas tentang Keputihan

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi keputihan yang alami dan aman, ada baiknya untuk anda mengetahui tentang apa itu keputihan. Keputihan adalah keluarnya cairan dari dalam vagina yang berwarna keputihan. Dalam bahasa inggris keputihan masuk juga dalam vaginal discharge yang terkadang terdapat beberapa perbedaan jenis. Ada keputihan yang berwarna putih jernih, ada yang berwarna gelap kecoklatan dan juga yang lainnya. Masalah keputihan ini terkadang wajar dan sering terjadi pada wanita pada umumnya setelah atau menjelang haid. Terkadang dalam beberapa kasus, beberapa keputihan itu diikuti juga dengan bau yang tidak sedap di area vagina tersebut (vaginal odor).

Keputihan Normal dan Tidak Normal

Nah berbicara tentang keputihan, sebetulnya ada dua jenis keputihan yang selama ini sering terjadi yakni keputihan normal dan juga tidak normal. Jika keputihan itu normal, biasanya hanya sekedar keputihan biasa dengan cairan yang bening. Hal lain yang menjadi keputihan normal, biasanya lama waktu keputihan tidak berlangsung lama melainkan hanya beberapa waktu saja. Nah sementara itu untuk keputihan yang tidak normal, biasanya ada beberapa ciri tertentu yang sangat berbeda dengan keputihan normal. Nah apakah anda tahu apa saja ciri-ciri dari keputihan tidak normal itu? Oke mari kita bahas berikut ini adalah beberapa ciri yang merupakan bagian dari keputihan tidak normal tersebut:

  • Disertai bau
  • Disertai rasa gatal
  • Terasa panas
  • Terasa sakit pada saat kencing

Faktor Penyebab Keputihancara mengatasi keputihan yang berlebih

Nah selanjutnya kita perlu bahas tentang faktor penyebab dari masalah keputihan tersebut. Tak ada penyakit yang terjadi tanpa penyebab, demikian juga dengan keputihan ini. Ada beberapa faktor tertentu yang menyebabkan terjadinya keputihan. Hal ini perlu diketahui agar kemudian bisa disadari kalau hal itu bisa menjadi penyebab. Jika sudah diketahui penyebabnya, maka langkah awal penanganan terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menghindari penyebab tersebut kalau memang penyebabnya bisa dihindari. Nah, sebetulnya apa saja yang sering jadi penyebab   keputihan itu? Yuk simak beberapa list berikut ini:

  • Infeksi bakteri (Bacterial vaginosis)
  • Infeksi Jamur (Yeast infection)
  • Trichomonas Vaginalis
  • Bakteri Gardnella
  • Trikomoniasis
  • Lembab
  • Hubungan Sex
  • Stress
  • Obat-obatan
  • Pil Kb

Cara Mengobati Keputihan Abnormal

cara mengatasi keputihan

Kalau anda mengalami gejala keputihan yang normal, sebaiknya anda tak usah khawatir. Akan tetapi apabila gejala keputihan yang dirasakan sudah berbeda dan tidak normal, maka sebaiknya anda lebih berhati-hati. Kenapa? Ya karena mungkin saja itu malah menjadi salah satu gejala atau penanda masalah tertentu. Kalau anda tak mau menghadapi masalah yang lebih buruk, maka akan sangat bagus dan disarankan untuk mengambil cara pengobatan yang lebih baik. Nah apa saja dan bagaimana saja sebetulnya cara yang bisa dilakukan untuk mengobati masalah keputihan yang tidak normal itu? Nah untuk cara mengatasi keputihan tidak normal akan dijelaskan secara keseluruhan dalam cara pengobatan alami dibagian bawah.

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih

Salah satu masalah keputihan yang abnormal itu biasanya adanya cairan yang berlebih keluar dari dalam vagina. Selama ini banyak juga yang mengatakan kalau hal itu adalah masih dalam kaitan keputihan normal. Namun demikian, sebaiknya anda khawatir jika keputihan yang berlebih itu diikuti dengan beberapa gejala lain seperti bau, perih, dan perubahan warna yang tak bening lagi. Sebagian besar keputihan  berlebih itu sebetulnya disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap kondisi fisiologis. Ada banyak penyebab terjadinya keputihan berlebih ini sebetulnya. Apakah anda tahu apa saja penyebabnya itu? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Kehamilan
  • Ovulasi
  • Gairah seksual
  • Ketidakseimbangan progesteron

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

cara mengatasi keputihan saat hamil

Nah masih berbicara tentang keputihan, terkadang ada juga wanita yang mengalami keputihan saat hamil. Nah, hal itu tentu mengundang pertanyaan apakah hal itu normal atau tidak. Nah berdasarkan jawaban dari dokter, sebetulnya tidak masalah jika terjadi keputihan pada saat hamil asalkan gejalanya masih normal yakni tidak disertai bau dan nyeri. Biasanya sebagian besar masalanya adalah kelembaban pada daerah vagina tersebut. Dengan begitu cara penangannya adalah dengan sangat disarankan untuk menjaga area vagina tetap kering. Ganti celana dalam secara berkala dan gunakan juga bahan yang tipis. Beberapa diantaranya ada juga yang menyarankan agar tak menggunakan celana dalam saat tidur agar terhindar dari infeksi.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Perihal cara mengatasi keputihan, ini memang ada banyak versi yang bisa kita pilih. Sebaiknya memang kita bisa memperhatikan dengan seksama tentang cara seperti apakah yang harus kita pilih dan jalankan. Tentunya tak semua cara cocok untuk kita pilih, hanya beberapa cara saja. Nah dari beragam saran oleh banyak ahli kesehatan, sangat disarankan sebetulnya untuk anda bisa memilih cara pengobatan yang benar-benar aman dan alami. Kenapa harus menggunakan cara yang alami? Jelas harus karena memang dengan cara alami, anda akan bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan yang lebih besar dan lebih aman pastinya. Apa saja cara yang bisa dilakukan, berikut diantaranya:

Jaga Kebersihan dan Hieginitas Area Vagina – ini yang sangat penting untuk diperhatikan karena selama ini masalah vagina memang lebih banyak terjadi karena ketidaksehatan atau ketidakbersihan area vagina. Maka dari itu cara penanganan sekaligus juga cara pencegahan terbaiknya adalah menjadi kebersihan area tersebut agar bisa selalu hieginis.

Gunakan pakaian dalam yang tepat – cara penanganan selanjutnya adalah dengan memperhatikan beberapa hal perihal penggunaan pakaian. Sangat disarankan kiranya untuk anda menggunakan pakaian dalam yang tipis. Kenapa? Ya supaya area vagina pH-nya tetap stabil dan bisa terhindar dari kelembaban yang bisa menyebabkan infeksi jamur.

Gunakan bahan-bahan alami – ada beberapa bahan atau makanan yang sangat bagus untuk diambil dan digunakan sebagai obat dari keputihan. Nah bahan-bahan alami yang dimaksud beberapa diantaranya adalah yoghurt, cuka apel, rebusan daun sirih, bawang putih, dan beberapa bahan lainnya yang aman untuk digunakan.

Nah itulah sebetulnya beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai keputihan. Kalau mau mengambil pengobatan, ada baiknya untuk bisa berhati-hati dan jangan asal pilih karena bisa beresiko besar nantinya. Dari banyak pengobatan yang bisa anda jalankan, cobalah untuk pilih cara mengatasi keputihan yang alami.

Detail Informasi
Rahasia Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Yang Tepat Untuk Wanita
Judul
Rahasia Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Yang Tepat Untuk Wanita
Deksripsi
Cara mengatasi keputihan yang alami tanpa obat, untuk kesehatan wanita yang mengalami keputihan tidak normal di organ intim wanita yang berlendir dan bau
Penulis
Penerbit
Obat Info
Hak Cipta

Pengunjung juga membaca: